.

.

Warga Sinjai Puas Dengan Kinerja Gubernur Dan Bupati.

SINJAI - RADAR CELEBES: Dua program unggulan Bupati Sinjai A. Rudiyanto Asapa yang juga merupakan program unggulan Gubernur Sulawesi selatan H. Sahrul Yasin Limpo yaitu Pendidikan dan Kesehatan Gratis di anggap berhasil oleh masyarakat Sinjai, berikut penelian terhadap dua program ini. Program Pendidikan Gratis yang dilakukan pemerintah Sinjai di bawah kepemimpinan Rudiyanto Asapa membuat puas warga Sinjai 91,89 % merasa Puas, hanya 8,11 % yang tidak puas. Sementara Program Kesehatan Gratis 94,59 % warga Sinjai puas, hanya 5,41 % yang tidak puas.

Sedangkan kinerja di sektor yang lain seperti, Pertanian, perikanan, Keamanan, pelayanan pemerintah, pengentasan kemiskinan, dan pembangunan Infastruktur di rata-ratakan 70 % masyarakat Sinjai Puas, dan 30 % menyatakan tidak puas.


Data ini bersumber dari hasil penelitian yang di lakukan lembaga survei politik dan kebijakan publik (IPI) Indeks Politica Indonesia yang dilakukan dibulan Agustus 2012, pada survei ini IPI melakukan survei pemetaan politik dan sosial terkait pilkada Sinjai, pilgub sulsel, dan kinerja bupati dan wakil bupati dan hasilnya untuk kebijakan publik seperti yang tercantum diatas.

Sedang untuk pilihan masyarakat Sinjai terkait Pilgub Sulsel khusus di kabupaten Sinjai dari tiga paket calon gubernur dan wakil gubernur, tertinggi popularitas dan elektabilitas. Paket Garuda-Na (P) 92,50 %  (E) 39,45 %. Paket sayang (P) 90,25 % (E) 37,15 %. Paket IA (P) 82,25 % (E) 12,30 %. Tidak Jawab/Rahasia. 11,10 %.

Menurut Direktur Media dan Analisis Data IPI Tajuddin Aziz, secara rata-rata kinerja Bupati, Wakil Bupati dan Jajarannya untuk semua sektor di anggap berhasil, tetapi keberhasilan itu juga di anggap ada andil dari pemerintah propinsi sulawesi selatan yang mampu membangun sinergisitas dengan pemerintah daerah, khususnya untuk dua program unggulan yaitu Pendidikan dan kesehatan Gratis, dimana masyarakat Sinjai menganggap gubernur dan wakil gubernur sangat memperhatikannya.

Survei ini melibatkan 480 responden yang tersebar di sembilan kecamatan, wawancara tatap muka, melibatkan 18 surveyaor, 3 Quality Control, Dengan tingkat kepercayaan 95 % margin of error 2 %, Metode yang digunakan dalam survei ini multistage ramdom sampling acak berjenjang, ungkap Tajuddin Aziz..''(Wan/80)